1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CS6
Maxon Cinema 4D R17
After Effects CS6
Maxon Cinema 4D R17
After Effects CS6
3. Bahan
- hasil praktikum sebelumnya
- asset sekunder download
4. Dasar Teori
- Jelaskan fungsi Secondary Assets
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
- Jelaskan fungsi F-Curves
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada
hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
- Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama(logo)
- Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
Screen Record
Hasil render
8. Kesimpulan
Alhamdulillah pada praktikum yang ke-3 ini saya tidak mengalami kesulitan. Mengerjakan sesuai tutorial yang Pak Hasbi berikan.
0 komentar:
Posting Komentar